Sekitar dua bulan yang lalu saya mengganti kendaraan dari minibus ke sedan. Dan pilihan jatuh ke Baleno. Karena budget yang terbatas didapatlah Baleno tahun 1998 manual.
Namanya baru ganti mobil, inginnya jalan jalan. Kebetulan menjelang tahun baru.
Akhirnya jadilah jalan-jalan ke Pelabuhan Ratu sekalian mau malam tahun baruan di pantai.
Setelah perjalanan 3 jam terasa ada yang aneh pada tarikan mobil. Jika di gas terasa endut-endutan tapi tidak sampai mati. Singkat cerita akhirnya tahun baruan terlaksana juga di pantai dan bisa kembali ke rumah dengan selamat walaupun dengan dengan kondisi mobil yang tidak bisa dipacu.
Untuk mengetahui penyebab endut-endutan mobil di cek ke bengkel. Montir bilang kemungkinan ECU nya bermasalah dan dia menyarankan untuk scane ke temannya.
Terus terang saja baru pertama kalinya saya mau scane mobil, sebab sudah beberapa kali ganti mobil belum pernah melakukan scane.
Dalam benak terbayang peralatan perangkat komputer canggih. Tapi ternyata untuk scane Baleno 98 hanya menggunakan seutas kabel sepanjang sekitar 3 cm.
Saya perhatikan begini tahap-tahap pengecekannya :
- Karena mobil baru saja dipakai maka dibiarkan dulu agar suhu mesin turun (sambil ngopi)
- Buka kap mesin
- Buka kotak sikring di ruang mesin, cari terminal diagnose 1 (DIAG 1) seperti yang terlihat pada gambar
- Sepotong kabel bekas dengan panjang sekitar 3 atau 4 cm disambungkan pada terminal DIAG 1 dengan cara memasukan ujung scanner ke terminal A dan terminal B seperti pada gambar
- Setelah scanner terpasang, posisikan kunci kontak ke posisi on, tapi TIDAK distater. Hanya di kontak saja sampai seluruh lampu indikator menyala
Jika kabel scanner sedang terpasang, maka lampu cek engine akan berkedip kedip menunjukan keadaan ECU si Bahenol.
Kedipan tersebut seperti kode morse, memiliki ritme tertentu. Misalkan, jika ECU normal, maka cek engine akan berkedip sekali, terus ada masa satu detik, dan berkedip cepat dua kali. Kita sebut ini kode 1 2.
Dan hasilnya ternyata si Bahenolku ECU nya normal. Legaaaaa... rasanya
Dan setelah di cek itu dan ini dipastikan Pompa bensinnya yang sudah lemah. Setelah di bongkar ternyata pompa bensinnya masih kelihatan baru tapi KW.
Diganti pake yang Ori lancar.... tarikan enteng.
Berikut adalah kode2 yang menunjukan keadaan ECU;
Kode ----- Artinya:
1 2 --- ECU normal
1 4 --- ECT (engine coolant temperature, yang di termostat) bermasalah.
1 5 --- ECT bermasalah
2 1 --- TPS (Throttle Position Sensor) bermasalah
2 2 --- TPS bermasalah
2 3 --- IAT (Intake Air Temperature sensor, yang di selang air filter) bermasalah
2 5--- IAT bermasalah
2 4 --- VSS (Vehicle Speed Sensor, yang di girbox) bermasalah
3 1 --- MAP (Manipol Absolute Pressure sensor) bermasalah
3 2 --- MAP sensor bermasalah
4 2 --- CKP (Crank Shaft position sensor, yang di samping karter) bermasalah
4 7 --- CMP (Camshaft Position sensor, khusus pada APV dan baleno 1.5, yang ada di ujung tutup klep) bermasalah
Kalau Check engine nyala terus, artinya ECU yang bermasalah
thx gan, mantap tutorialnya
BalasHapusthx jg gan,
BalasHapussetelah ngikuti petunjuk kode rahasianya 2-3... jadi IAT nya yg error... lega gak ecu yg kena vinis..
terimakasih banyak infonya...
Kalau sensor spid nya yang rusa berapa kedipan gan,,??
BalasHapusHarga speed sensor baleno brapa ya gan?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusmobil saya balelo 1989. muncul tulisan chek engine.setelah saya bawa ke bengkel katanya sensor speed harus ganti dg sepidometernya juga.dan di kenakan sekitar 9'000000. apa yg hrus saya lakukan
BalasHapusberdoa biar cepat sehat bahenol nya..
HapusMantap infonya,, tks Gan
BalasHapuskalau kontak on chek enggin nyala sampai mesin hidup hidup masih nyala ecu ny berati gan
BalasHapusterimakasih banyak ilmu nya😀👌
BalasHapusSelalu hidup mati jarak 3 km mesin suzuki baleno 2001 apa penyebabnya
BalasHapus1 4 kedip nya berapa kali pak
BalasHapusMksih bozz,sangat membantu....
BalasHapusMobil sy baleno 2000,lmpu check engine menyala saat dihidupkan.setelah saya scan trnyata yg brmsalah ada pada kode 2 4.tp speedometer jalan.kira kira apa solusinya bossku
BalasHapusSama om
HapusKalw suzuki baleno tahun 2001 cara jemper manualnya diobd2 nmer brapa aja om
BalasHapusKode 24 speed sensor nyala terus masalah y di mana y spido y apa sensor y klw di lepas aki pasti sempat mati klw di pake sebentar langsung cek engine y nyala lg tapi km y jalan
BalasHapusUdah beres tah om soalnya kasus sama om punyak q jg gt
Hapusom saya cek kedif nya normal tapi rmp 4000 nggak mau naik lagi .klu ada yang pernah ngalam i nya?
BalasHapusCex swit sensornya om
HapusSaya juga di scan kodenya 24, pas dijalankan sekitar km 60 hidup lagi indikator check engine nya
BalasHapusSaya muncul 24 tp dh ganti sensor mash odup lampu check enggine ny
BalasHapusSaya mncul 24 tp dh ganti sensor mash aj hidup om
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusMhn petunjuk para suhu bahenol sy baru pertama kali pakai bahenol 97, mobil diinjak gas gak mau ngaung, alias di gas mati.. Habis mesin mati distarter mesin tetap hidup normal kembali tp begitu diinjag gas mati lagi,, mohon solusinya kira2 apa ya yg perlu diperbaiki... Mhn pencerahan dan solusinya,, mksih salam suzuki bahenol..
BalasHapussaya sudah coba caranya dengan kbel bekas tapi ko lampu chcek enginenya tidak nyala, itu bagaimana ya
BalasHapuskemudian mesin tiba tiba mati ga ada setrum
HapusKlw chek sensor nya sped itu gmn yachh udh d cek d bersihin krna songket bash trs ilang trs blm lama nyala lagi kode nya 24 itu cara nya gmn yachh??? Tolong d bantu
BalasHapus